Sabtu, 14 September 2019

4 Kans Usaha Bermodal Kecil yang Menjanjikan di Kota Surabaya



Mengawali suatu bisnis atau menjadi wirausahawan yakni sebuah tantangan yang dapat dibilang “sulit-sulit mudah”. Banyak hal yang sepatutnya Anda pertimbangkan saat berharap membuka suatu usaha atau bisnis. Tapi seperti pepatah optimis yang tak jarang Anda dengar, “kans usaha akan senantiasa timbul sekiranya Anda mengusahakannya!“.

Seluruh orang dapat menjadi pengusaha dengan caranya masing-masing. Keadaan utamanya merupakan niat untuk ingin mengawali mengerjakan usaha Anda. Dan sesungguhnya kans usaha dapat timbul kapan dan di mana saja Anda berada malahan dengan modal terbatas. Salah satunya merupakan di kota Surabaya.

Surabaya yakni kota besar atau metrpolitan kedua sesudah Jakarta. Rupanya dengan banyaknya sentra perbelanjaan yang berdiri di kota ini. Kecuali sentra perbelanjaan, Surabaya juga mempunyai daerah-daerah tamasya yang bersejarah, varian masakan yang khas dan unik, dan infrastruktur trek transportasi yang memadai. Ditambah dengan adanya Airport Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak, trek perdagangan di Surabaya terbilang lancar dan hal ini sungguh-sungguh mempermudah para pengusaha yang tinggal di kota ini. Karenanya tak heran banyak pengusaha berhasil dan enterpreneur besar yang berasal dari kota Surabaya.

Bagi Anda yang berniat untuk membuka usaha atau bisnis di Kota Surabaya, tentu itu merupakan potensi yang besar dan terbuka bagi siapa saja. Dibantu dengan fakta-fakta yang telah terpaparkan sebelumnya mengenai Surabaya, Anda dapat membuka usaha bagus meski Anda mempunyai modal yang tak banyak.

Bagi mereka yang berjiwa wirausaha, tarif startup mungkin bisa menjadi “penghambat” yang signifikan. Melainkan di mana ada harapan, di situ ada jalan! Pandangan-pandangan baru dan format usaha atau bisnis berikut ini tak banyak memerlukan tarif atau modal untuk mengawalinya. Dan ini sungguh-sungguh pantas bagi mereka yang berimajinasi untuk jadi pengusaha di Surabaya dengan anggaran atau modal kecil.


Sama dengan Yogyakarta dan Bali, Surabaya juga mempunyai sebagian daerah tamasya bersejarah dan menarik untuk dikunjungi oleh turis asing ataupun lokal. Semisal seperti Musium Surabaya, Monumen Kapal Selam, Surabaya Carnival Park, Ekowisata Mangrove, dan masih banyak lagi. Ini terang menjadi kans usaha yang baik bagi Anda yang berharap menjadi wirausahawan.

Tak perlu muluk-muluk untuk memikirkan apakah Anda sepatutnya mempunyai kantor untuk bisnis ini. Anda dapat menjadi pemandu tamasya dengan modal yang terbilang sungguh-sungguh rendah. Cukup dengan bermodalkan kesanggupan berkomunikasi dan dapat berbincang-bincang bahasa inggris dengan lancar, Anda dapat mengawali ragam usaha ini. Dan tak lupa Anda juga sepatutnya melaksanakan riset mengenai daerah-daerah tamasya di Surabaya untuk modal pengetahuan Anda. Dunia dan aplikasi-aplikasi serupa Google Places dapat menjadi acuan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu memperluas jaringan supaya orang-orang mengenal usaha Anda. Anda cuma perlu memanfaatkan akun media sosial seperti Instagram atau twitter sebagai wadah format usaha ini. Sertakan foto-foto dan caption menarik dari daerah-daerah tamasya di Surabaya di feed akun media sosial Anda. Tak lupa Anda juga sepatutnya menyertakan berita kontak dan bio mengenai penjelasan usaha Anda dan jasa apa saja yang akan Anda berikan. Tagar atau hashtag yang Anda bubuhkan di tiap feed akun media sosial akan menolong memperluas jaringan Anda. Sehingga Anda dapat menjangkau lebih luas terhadap orang yang butuh untuk diantar selama mereka wisata di Surabaya.

Bisnis Masakan

Kecuali daerah tamasya, Surabaya juga mempunyai masakan khas yang menggugah selera orang-orang. Katakanlah Lontong Balap, Rawon Setan, Soto Lamongan, dan makanan khas lainnya yang banyak menarik konsumen. Masakan sih yang tak butuh makan? Masakan masih menjadi kans usaha yang diminati oleh banyak orang.

Pun Anda akurat, Anda tak perlu mengkhawatirkan mengenai persoalan permodalan. Sesuatu yang bagus dan besar diawali dari yang kecil lebih-lebih dulu. Dengan kata lain, Anda tak perlu mengaplikasikan modal besar dan segera menyewa daerah yang besar sekelas kafe. Bila sekiranya Anda mulai membuka usaha di daerah strategis di suatu pinggir jalan dengan gerobak bahkan masih konsisten dapat berpotensi mendatangkan banyak pelanggan. Dengan prasyarat, Anda sepatutnya dapat memanfaatkan teknologi berita yang telah berkembang kencang kini ini.

Adakan riset dan daftarkan bisnis masakan Anda di Google Place supaya orang-orang mengenal keberadaan bisnis Anda. Pun Anda dapat memuaskan pelanggan dari makanan yang Anda sajikan, pelanggan akan meninggalkan komentar bagus secara online melalui Google Place atau aplikasi semacamnya. Dan lambat laun bisnis Anda diinginkan dapat menjadi familiar dan nantinya dapat Anda kembangkan lagi ke tahap yang lebih besar.


Karena masyarakat Surabaya terbilang tak keok sibuknya seperti di Jakarta. Padatnya penduduk Surabaya membikin orang-orang memerlukan suatu acara atau event yang menghibur, edukatif, dan inspiratif. Bila kota Surabaya ditinggali oleh bermacam-macam variasi ragam penduduk seperti mahasiswa, pebisnis, turis asing dan lokal, dan lainnya. Pun Anda jeli, ini dapat menjadi kans usaha yang menarik.

Pun Anda mahasiswa atau seseorang yang mempunyai jaringan luas di antara kelompok sosial-kelompok sosial di Surabaya, itu cukup untuk menjadi modal Anda. Perencanaan bisnis yang matang, visi dan misi yang terang, dan pengalaman mengorganisir suatu acara akan menciptakan EO Anda bisnis yang menguntungkan. Bila untuk mengawalinya, Anda tak sepatutnya mengaplikasikan modal besar. Cukup dengan kesanggupan komunikasi yang bagus dan manfaatkan jaringan yang Anda miliki akan mengerjakan ragam usaha ini. Pun Anda benar-benar orang yang berpengalaman dan diandalkan, mencari sponsor untuk suatu acara yang Anda buat tentu akan termudahkan.

Konsultan Media Begitu

Seiring dengan perkembangan bisnis di Surabaya, banyak bisnis dan startup yang memerlukan peran media sosial bagus untuk keperluan pemasaran dan branding. Perusahaan besar umumnya menyewa agen atau member staf full-time untuk mengelola akun dan blog Facebook, Instagram, dan Twitter mereka. , usaha atau startup kecil seringkali sepatutnya mengelola media sosial mereka sendiri. Dengan seperti itu banyak tanggung jawab lain yang terabaikan dampak pemilik bisnis mungkin terlalu sibuk atau kewalahan dalam mengerjakan taktik pemasaran lewat media sosial.

Anda sebagai konsultan yang berpengalaman di bidang media sosial bisa menolong mereka mempertimbangkan strategi terbaik, jadwal posting, dan konten untuk sasaran pelanggan mereka.  jumlah followers mereka bertambah, bisnis kecil Anda bahkan juga akan berkembang kencang.


Masih banyak lagi pandangan baru dan kans usaha atau bisnis dengan modal kecil yang dapat Anda jalankan di kota Surabaya. Hampir mirip dengan Jakarta, kota ini juga membuka kans secara luas kepada pandangan baru dan format usaha apa saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar